Senin, 17 September 2012

DAYS

Menurut mbak WIKIPEDIA Hari adalah sebuah unit waktu yang diperlukan bumi untuk berotasi pada porosnya sendiri. Satu hari terdiri dari siang dan malam. Tetapi hari tidak termasuk unit Standar Internasional (SI) tetapi tetap diterima untuk kegunaan yang berhubungan dengan S. Namun dalam percakapan untuk pernyataan setengah hari, umumnya bermakna kepada siang saja bukan malam. Selanjutnya untuk membedakan antara satu hari penuh dengan siang hari, biasa ditentukan dalam rentang waktu 24 jam. Dalam definisi lain hari dapat juga digunakan kepada kumpulan unit (7 hari) dalam sepekan atau seminggu.
Satu hari bisa dibagi menjadi unit yang lebih kecil lagi:

ARTI HARI MENURUT PRIMBON:

1. Hari Senin
Tidak pelit, ikhlas hati dalam memberi, tidak bisa menyimpan uang, senang membela kebenaran, mudah tersinggung dan tidak pandai bicara.

2. Hari Selasa
Mudah terpengaruh, tidak mempunyai pendirian tetap, gampang naik darah, tidak sabaran dan selalu mau menang sendiri.

3. Hari Rabu
Pendiam namun kalau sudah bicara tidak terduga, tidak suka mencampuri urusan orang lain, baik hati, suka menolong dan banyak rejeki.

4. Hari Kamis
Pendiriannya tidak tetap, suka dipuji, mudah emosi, mudah terbujuk oleh rayuan halus dan tidak sabaran.

5. Hari Jumat
Disukai orang banyak, kuat mental, suka menolong, suka memberi nasehat yang baik dan suka mempelajari ilmu pengetahuan

6. Hari Sabtu
Giat bekerja, rajin pandai mencarari rejeki, ditakuti orang banyak, pandai menempatkan diri dan bisa menyelesaikan apa yang menjadi tanggung jawabnya dengan baik.

7. Hari Minggu
Pandai bergaul, disukai orang banyak, berjiwa besar, suka merendahkan diri, pandai berbicara dan dapat mengatasi masalah yang dihadapiya dengan baik.


Semua hari sih sama saja cuma kesibukan dan kepadatan agendanya saja yg berbeda. kebanyakan manusia mengapa ya selalu mengawali kalimat I HATE MONDAY setelah akhir pekan berlalu? . yeah including me :). Sindrom ini muncul karena perbedaan load pekerjaan yang kontras di hari sabtu-minggu dan hari senin. Pada hari sabtu-minggu, Anda dimanjakan oleh suasana santai dan waktu yang longgar, sedangkan di har senin Anda dikejar target pekerjaan yang berat.
Berikut ini adalah Tips mudah mengatasi sindrom ‘Hate Monday‘ agar Anda lebih ceria dan produktif di hari Senin:
1. Bangun Lebih Pagi. Menurut Darmawan, konsultan karir dari Iradat Konsultan, “Bangun lebih pagi memungkinkan Anda melakukan aktvitas yang memompa semangat, berolah raga ringan -seperti jogging 15 menit sebelum mandi- atau dandan secantik/secakep mungkin. Kalau Anda tampil good looking akan memunculkan percaya diri Anda untuk kembali berinterkasi dengan rekan kerja Anda”. Karena kalau Anda telat bangun, semuanya jadi serba terburu-buru dan bisa membuat Anda mudah lupa sesuatu. Akibatnya, mood Anda jadi buruk seharian.
2. Rencanakan Pekerjaan. Biasanya karena masih weekend-leg, Anda sampai tidak tahu apa yang harus dikerjakan duluan begitu tiba kantor pada hari senin pagi. Hal ini bisa dihindari dengan cara merencakan kerja (to-do-list-jobs) sebelum liburan akhir pekan. Catatlah kegiatan apa saja yang akan lakukan dalam agenda Anda. Jangan terlalu ambisisus, sebaiknya dahulukan pekerjaanyang mudah, sehingga Anda termotivasi untuk menyelesaika pekerjaan sesuai dengan rencana. Karena salah satu sebab yang membuat sindrom itu muncul adalah ‘sambutan’ tugas berat di hari senin pagi. Cobalah untuk menghindari mengadakan rapat koordinasi dan rapat kerja di hari senin -karena efek weekend leg otak Anda seringkali seret mengeluarkan ide-ide segar. Lebih baik Anda mengatur rapat pada hari selasa atau rabu.
3. Optimalkan Weekend Anda. Menikmati weekend yang menyenangkan akan membuat Anda lebih segar di hari senin. Maesi Anda cukup menikmati weekend pada sabtu-minggu, pastikan Anda cukup istirahat. Hindari terlalu lelah saat liburan weekend. Beri kesempatan tubuh untuk re-charge energi Anda. Selama weekend, usahakan agar Anda jangan memikirkan pekerjaan terlebih dulu. Sebaliknya, kalau saat weekend, masih Anda pergunakan untuk bekerja -dengan maksud untuk mengurangi load kerja di hari senin- maka Anda justru membuat weekendberharga Anda menjadi mubazir, dan seperti diduga di senin pagi, Anda akan menikmati sindrom ‘Hate Monday‘ tersebut.
4. Tampil Beda. Sudah pada kodratnya manusia tercipta untuk menyukai barang-barang baru. Parfum dan sepatu kerja baru pasti bikin Anda lebih bersemangat kerja. Tidak perlu heboh, namun pikirkanlah hal-hal yang sederhana saja, misalnya memamerkan stocking atau cat kuku yang baru ke kantor. Sebenanrnya tidak perlu selalu dengan barang yang baru, Anda bisa juga memadupadankan baju agar penampilan Anda lebih keren. Pilihlah warna-warna cerah yang konon mamu membuat suasan hati ikut ceria.
5. Ciptakan Motivasi Diri. Buat motivasi diri Anda sendiri, misalnya setelah hari senin berakhir, Anda merencanakan hang-out bersama pacar, nomat (nonton hemat) atau clubbing bersama teman-teman kantor. Atau cari seseorang rekan kerja yang cantik -yang Anda merasa nyaman ngobrol dengannya- di kantor Anda sebagai penyemangat berangkat kerja ke kantor.
Berikut kepanjangan sebuah hari: 
  • Senin adalah “Semangat Nan Indah”
  • Selasa berarti “Selalu Luar Biasa”
  • Rabu berarti “Rasakan bahagia dalam kalbu”
  • Kamis kepanjangannya “Kami Sukses” 
  • Jumat berarti “Juga Amat Hebat” 
  • Sabtu adalah “Saatnya Bersatu”
  • Minggu berarti “Mari ingat berkah seminggu”.
So let's choose where is your real day ??? :))


2 komentar: